top of page

5 Pilihan Transportasi Bandara Incheon ke Seoul

Diperbarui: 26 Jul 2023

Buat kamu yang baru pertama kali ke Seoul mungkin masih bingung bagaimana mencari transportasi dari Bandara Incheon ke daerah Ibu Kota. Jarak Bandara Incheon ke Seoul sejauh 48,8 kilometer dan sekarang sudah banyak pilihan transportasi yang memudahkan kamu.

Korea Selatan terkenal dengan transportasi publik yang bagus, terjangkau, dan juga aman. Jadi kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak pilihan transportasi yang dapat kamu pilih untuk ke penginapan daerah Seoul.


Transportasi Bandara Incheon Menuju Seoul

Sebelum pergi ke Seoul, khususnya yang baru pertama kali penting untuk mencari informasi mengenai pilihan akomodasi yang bisa digunakan setibanya di bandara. Berikut ini ada beberapa pilihan transportasi publik dari Incheon ke Seoul.

1. Arex 4.500 Won (All Stop Train)

Salah satu pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan untuk ke pusat Kota Seoul adalah Arex atau Airport Railroad Express (all stop train). Arex merupakan transportasi kereta api dari bandara yang memberikan banyak kenyamanan.

Salah satunya adalah agar kamu terhindar dari kemacetan, apalagi jalan menuju Seoul juga cukup padat. Mengendarai Arex adalah pilihan yang tepat karena kamu bisa sampai tujuan tepat waktu. Arex beroperasi langsung dari terminal 1 dan terminal 2 tanpa berhenti.

Perjalanan dari Bandara Incheon menuju Seoul menghabiskan waktu sekitar 53 menit, namun apabila kamu turun dari Bandara Gimpo hanya membutuhkan waktu 20 menit. Berikut ini tarif, cara membeli tiket, dan jam operasional Arex all stop train.

· Jam Operasional

Arex yang berhenti di semua stasiun kereta mulai dari Bandara Incheon – Seoul di terminal 1 berangkat pukul 05.23 (kereta pertama) dan pukul 23:56 (kereta terakhir). Adapun waktu perjalanan yang dibutuhkan adalah 59 menit.

Sedangkan jika berangkat dari terminal 2 Incheon – Seoul pukul 05.15 (kereta pertama). Keberangkatan kereta berikutnya dari Incheon – Seoul di terminal dua pukul 23.50 (kereta terakhir), kira-kira waktu perjalanannya 66 menit.

· Biaya

Biaya yang dibutuhkan apabila Anda ingin naik Arex all stop train dari terminal 1 sekitar 4.150 won dan dari terminal dua 4.750 won. Biasanya penumpang juga akan dibebankan biaya tambahan deposit sebesar 500 won untuk membeli kartu transportasi perjalanan tunggal.

Tidak perlu khawatir karena setelah kamu tiba di lokasi tujuan, uang deposit tersebut akan dikembalikan lagi.

· Cara Pembelian Tiket Arex all stop train

Pembelian tiket Arex dapat menggunakan T-Money jika saldo memang cukup atau kamu juga bisa membeli secara langsung di loket. T-Money adalah alat pembayaran di Korea yang bisa kamu dapatkan di banyak tempat seperti seven eleven, story way, family mart, dan lainnya.

Apabila dirasa lebih mudah menggunakan T-Money, kamu bisa top up saldo di loket kereta api tempat pembelian tiket langsung.

2. Arex 9000 Won (Non Stop Train Berhenti di Stasiun Seoul)

Pilihan kedua adalah Arex non stop train dan langsung berhenti di Stasiun Seoul. Arex jenis ini disebut sebagai kereta express yang melakukan perjalanan tanpa henti. Rutenya sama yaitu mulai dari terminal 1 dan 2 sampai ke Seoul.

· Cara Pembelian Tiket Kereta dan Harga

Sama seperti kereta all stop train, pembelian tiket bisa dilakukan secara langsung lewat loket pemesanan. Sedangkan biayanya 9000 won dan tidak ada deposit yang perlu kamu bayar, selain itu biasanya terdapat potongan harga dengan beberapa ketentuan.

Apabila kamu membawa tiket dari Jeju Air, Asiana Airlines, T’Way Air, Eastar Jet, dan Korean Air dengan pemberangkatan dalam 7 hari maka bisa mendapatkan potongan harga. Adapun lokasi pembelian tiket bisa di Terminal 1 Bandara Incheon (sebelah kiri).

Sedangkan kalau kamu berangkat dari Terminal 2 maka bisa membeli tiket di AREX Center Bandara Incheon. Metode pembayarannya menggunakan uang tunai dan kartu kredit. Sangat mudah dan banyak pilihan transportasi umum di Korea Selatan yang bisa kamu gunakan.

3. Bus Bandara

Pilihan transportasi umum lain yang bisa mengantar kamu ke Seoul adalah bus. Sebelumnya kamu bisa mengunduh aplikasi Never Map terlebih dahulu sebagai penunjuk jalan, Never Map akan membantu kamu mengetahui nomor bus serta nomor halte yang akan kamu lalui.

Selain itu kamu bisa tahu berapa ongkos yang dibutuhkan dari Incheon ke Seoul apabila menggunakan bus. Adapun sistem pembayarannya adalah menggunakan T-Money atau KTA dengan cara tap saat akan naik.

4. Taxi Bandara

Apabila kamu ingin kendaraan yang lebih pribadi dan bisa mengangkut semua barang bawaan, naik taxi saja. Walaupun harganya mahal sekitar 44000 won atau 530 ribu rupiah namun sopir akan langsung mengantar kamu sampai ke lokasi.

Selain itu di Bandara Incheon sendiri juga terdapat berbagai pilihan taxi mulai dari jumbo, deluxe, dan reguler. Apabila kamu tidak fasih Bahasa Korea, kamu bisa memilih taxi internasional yang harganya 65.000 – 90.000 won untuk reguler.

Sedangkan harga taxi deluxe dan jumbo berkisar antara 95.000 sampai 130.000 won. Biasanya sopir taxi internasional fasih dalam Bahasa Inggris, Cina, dan Jepang. Apabila kamu ingin mencari taxi bisa menuju ke Arrivals Hall 1F di terminal 1 dan 2.

Namun jika kamu membutuhkan taxi internasional ada di Arrivals Hall (1F) Desk 23 gate 4 dan 5. Keunggulan menggunakan taxi adalah tersedia 24jam/7 nonstop. Akan tetapi apabila kamu memakai jasa taxi pada pukul 00.00 – 04.00 biasanya akan dikenakan biaya tambahan.

5. Sewa Private Van dan Private Bus

Selain taxi ada juga rental mobil yang bisa kamu gunakan jasanya. Tidak hanya menerima jemputan dari Incheon saja melainkan juga dari Busan, Gimpo, dan Jeju ke berbagai tempat. Adapun harganya IDR 1.295.000 dengan durasi perjalanan 2 jam, berikut ini deskripsinya:

  • Mobil menggunakan Mini Van yang bisa membawa 6 sampai 7 orang

  • Penjemputan dari Incheon ke Seoul atau tempat lainnya dan sebaliknya

  • Apabila total penumpangnya 7 orang maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar 10.000 KRW (kamu bisa mendiskusikannya lewat Whatsapp dengan penyedia jasa)

  • Apabila pindah ke kota atau provinsi lain maka akan dikenakan biaya

Penjemputan menggunakan mobil sangat direkomendasikan bagi kamu yang malas naik kendaraan umum karena datang bersama rombongan keluarga. Mobil adalah salah satu transportasi yang nyaman dan aman.

Akan tetapi jika ingin menyewa jasa rental mobil sebelumnya harus booking secara online terlebih dahulu. Sudah banyak agen atau situs perjalanan yang menyediakan jasa penjemputan dengan mobil dan harganya juga tidak kalah terjangkau dibanding kendaraan lainnya.

Kamu juga bisa memilih jasa mana yang sekiranya sesuai dengan budget. Dengan menyewa Mini Van yang memiliki kabin luas, kamu bisa duduk dengan nyaman dan bagasinya yang luas juga bisa menampung banyak barang.


Ingin liburan ke Seoul dengan nyaman dan aman? Kamu bisa gunakan jasa penyewaan mobil dari ID Fly to Korea dengan harga terjangkau. Untuk informasi selengkapnya kamu bisa mengunjungi situs resminya di link ini https://www.idflytokorea.com/service-page/korea-airport-transfer

77 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page