top of page

Dokumen Persyaratan Visa Korea Selatan

Step awal untuk berkunjung ke Korea Selatan yang harus dipersiapkan setelah kamu mempunyai paspor adalah membuat Visa Korea Selatan. Visa adalah tanda bukti izin berkunjung ke suatu negara dan persyaratan ini perlu banget kamu miliki sebelum pergi ke beberapa negara yang mewajibkan Visa, dan salah satunya adalah Korea Selatan. Untuk pembuatannya kamu harus melengkapi beberapa dokumen dan melalukan pembayaran untuk pembuatan Visa. Yuk kita bahas persyaratan apa aja yang perlu kita siapkan sebelum melancong ke Korea Selatan!


Kita Bahas dari jenis Visa yang sering di Apply ke KVAC.


1. C-3-9 Wisata dengan maksimal masa tinggal 30 hari

- Single Entry : Berlaku 90 hari dari Issued Date

- Multiple Entry : Berlaku 5 Tahun dari Issued Date


2. C-3-1 Meeting, Confrece masa tinggal 30 hari

- Single Entry : Berlaku 90 hari dari Issued Date

- Double Entry : untuk 2x masuk Korea berlaku 120 hari dari Issued Date


3. D-2 dan D-4 Untuk Visa Pelajar


4. F-1 dan F-3 Untuk Visa pendampingan dari anggota keluarga yang memiliki Visa

D-4 dan E-7


Setelah mengetahui jenis Visa yang sering di Apply ke KVAC, kita bahas syarat-syarat pengajuan Visa Korea Selatan itu sendiri, adalah sebagai berikut:


1. Formulir Permohonan Aplikasi Visa (5 Lembar)


Yang utama harus kamu siapkan adalah formulir Permohonan Aplikasi Visa (Asli) sebanyak 5 lembar. Nah, formulir ini bisa kamu dapatkan secara onlinedi website KVAC atau formulir ini dapat diunduh di link yang tertera di Bio , kemudian diisi menggunakan Bahasa Inggris, ditulis tangan dengan tinta hitam. Pastikan kamu mengisi formulir ini dengan jelas.


Kamu bisa cek Cara Mengisi Formulir Visa Korea Selatan Terbaru 2023 di Website Idflytokorea lho.


2. Pas Foto


Siapkan 2 Lembar Pas Foto (bewarna, ukuran 3,5x4,5 berlatar putih dengan zoom wajah sekitar 70%) yang telah ditempel pada formulir Aplikasi Pendaftaran Visa.


3. Paspor


Selanjutnya yang harus kamu siapkan adalah Paspor, yang memiliki masa berlaku minimal 8 bulan (atau lebih, sesuai ketentuan negara tujuan), terhitung sampai kamu tiba kembali ke Jakarta. Copy paspor dan visa ( paspor baru dan lama jika ada )


4. Bukti Identitas Diri


Yang dimaksud dengan dokumen Bukti Identitas Diri adalah lampiran pekerjaan atau status sosial kamu.


  • Pegawai Kantor/ Karyawan : Surat keterangan kerja (Asli, dalam Bahasa Inggris),

Foto Copy Bukti Potong Pajak STP formulir 1721 A1/A2

terbaru 1 Tahun terakhir (cap dan ttd perusahaan)

  • Pemilik Usaha/Wiraswasta : SIUP atau SKU (tercantum nama pemohon Visa)

Foto Copy Bukti Potong Pajak SPT 1770 terbaru 1 Tahun

terakhir (cap dan ttd perusahaan)

  • Pelajar : Surat Keterangan Pelajar (dalam Bahasa Inggris)

  • Tidak Bekeria : SKL/ljazah

  • Ibu Rumah Tangga : Surat Keterangan Kerja Suami (Bukti Keuangan)


5. Foto Copy Bukti Keuangan


Lampiran yang perlu disertai selanjutanya adalah Foto Copy Bukti Keuangan milik pribadi (SPT PPh 21 / Rekening Koran 3 bulan terakhir dan Surat Referensi Bank).


6. Kartu Keluarga dan KTP


Dokumen yang juga harus dilampirkan untuk membuat Visa Korea Selatan adalah Kartu Keluarga dan KTP yang sudah difoto copy.


Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah selain Dokumen Umum diatas kita Wajib memberikan Dokumen Penunjang untuk menghidari denied atau ditolaknya pegajuan Visa Korea Selatan kita, sayang banget kan kalau sampai Visa kita ditolak.


Dokumen Penunjang atau bisa dibilang Dokumen Pelengkap berupa surat Pernyataan dalam Bahasa Inggis.

Surat Pernyataan menggunakan Bahasa Inggris berisi keterangan detail perjalanan, seperti tanggal keberangkatan dan kepulangan, dengan siapa saja kita melakukan perjalan di Korea Selatan nanti, status pekerjaan, pendapatan bisa disebutkan di surat pernyataan ini dan surat pernyataan penjamin jika perjalanan kita dibiayai oleh orang lain, diberi TTD di atas materai.


Pastikan kamu sudah melengkapi semua persyaratan pembuatan Visa Korea Selatan ya, karena syarat pengajuan yang tidak lengkap akan memperlambat kamu untuk mendapatkan izin persetujuan berangkat ke Korea Selatan. Bagi kamu yang berencana untuk berkunjung ke negara ini tanpa ribet mondar-mandir urus berkas sendiri, kami siap membantu kamu dengan Jasa Apply Visa untuk pengajuan Visa. Selain itu kami juga meyediakan jasa Konsultasi Visa profesional, yang dapat memudahkan kamu dalam pengajuan Visa ke Korea Selatan.


Nikmati liburan ke Korea Selatan yang menyenangkan dengan bantuan kami untuk memastikan perjalanan kamu berjalan lancar dan menyenangkan. Hubungi kami sekarang di idflytokorea.com!

73 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page